Judul Buku Bidadari BerLemak                                                                 

                                                                    BAB I

                                                       Hi…. SAYA LEMAK !!


Ketika mendengar kata LEMAK apa yg ada dalam pikiran mu, atau apa yang kau lakukan ? kalau saya langsung reflek tangan kanan meraba perut trus lanjut menusuk nusuknya  pakai telunjuk, alis mata langsung naik lalu menghela nafas sambil monolog… diet diet…olahraga…hayuuk… mulai zumba lagi ! Oke siip kita mulai besok yah atau minggu depan, hening...lanjut makan nasi bakar .

Sebelum lanjut membahas nasi bakar eh lemak maksudnya, hayuuk kita googling what is the meaning of lemak, Berdasarkan artikel yang saya baca, lemak dapat digolongkan menjadi 2 jenis yakni lemak yang berasal dari hewan dan tumbuhan atau yang dikenal sebagai lemak nabati. Lemak yang berasal dari hewan mengandung banyak kolesterol sedangkan lemak nabati mengandung fitosterol, yaitu lebih banyak mengandung asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi mikir selama ini yang paling banyak kita konsumsi  lemak apa hewan atau nabati ?

Dan saya baru tahu ternyata lemak yang berasal dari hewan berbentuk padat berbeda dengan lemak nabati yang biasanya berbentuk cair dan  seringkali kita memiliki pandangan yang salah mengenai lemak, kita atau saya khususnya selalu menganggap bahwa lemak itu sifatnya membahayakan kesehatan. Namun, tidak selalu seperti itu. Lemak memang dapat membahayakan tubuh jika dikonsumsi berlebihan yaah seperti yang kita tahu apapun yang berlebihan itu tidak baik. Tetapi, dalam jumlah seimbang, lemak dapat memberikan manfaat penting bagi tubuh.

Kata emak ini sering kali kita gunakan dalam percakapan sehari hari (jadi mikir bener ga yah penggunaan kata lemak itu ) khususnya para wanita, mbak mbak atau ibu ibu yang sedang makan bareng pasti berlomba lomba mengambil atau memesan menu yang porsinya paling sedikit (baca jaim) kalau ada temennya yang Tanya kok makannya sedikit ? iya lemak saya sudah banyak niih. Padahal aslinya masih laper banget, ada juga yang bela belain makanannya ga dihabisin... saya punya teman yg seperti itu kalau makan ga pernah habis tapi alasannya bukan lemak… sudah ga selera lah… sudah kenyang buangettlah…padahal sumpah makannya baru dikit banget itu.

Pernah dengar istilah lemak membandel ? pastinya yah… hampir setiap hari ada iklan sabun cuci piring yang pakai selogan itu “menghilangkan lemak membandel “… pernah kepikiran ga minum itu sabun biar menghilangkan lemak membandel dari tubuh kita… lol, jangan sampe yaah… amit amiiitt seputus asa apapun jangan sampe kepikiran yah *nunjuk diri sendiri. 

Saya juga pernah dapet meme tentang lemak membandel saya yakin kamu juga pernah baca, masuk akal juga sih hehe… katanya jangan percaya hanya dengan makan sayur dan buah kita bisa langsing lihat aja gajah sama kerbau tiap hari makan sayur tapi badannya ga langsing juga, itu juga ikan paus tiap hari berenang tapi ga langsing langsing juga, yang bener kita malah disuruh mandi pakai sabun cuci piring itu, yang ada tulisan menghilangkan lemak membandel, sudah ada yang pernah coba ??

Ciri ciri kalau kelebihan lemak tidak seimbang  itu nampak jelas sekali yah… size baju pasti L keatas dan gara gara size inilah saya pernah memutuskan untuk tidak datang dalam acara reuni akbar SMA saya di Palembang, padahal saya sedang pulang kampung saat itu dan beberapa teman yg tau kalau saya sedang ada dirumah orang tua saya, menghubungi saya berkali kali untuk bisa hadir pada acara itu… tapi apa boleh buat rasa tidak percaya diri saya pada saat itu sangat tinggi jadi saya memutuskan untuk mengilang sejenak, saya membayangkan berbagai pertanyaan dan komentar tentang size saya membuat saya langsung down…karna pernah juga kejadian bertemu teman lama dan  kebayang ga sih ketika kita kangen berat sama teman teman lama tapi ketika mereka bertemu kita, kata kata yg keluar pertama kali dari mulut mereka  adalah bukan apa kabar tapi… haii… kamu gendut banget sekarang…serta merta langit langsung mendung…angin bertiup kencang…petir menyambar dan hujan badai pun terjadi…rasanya pengen hanyut aja bersama hujan…

Menjadi pelajaran juga buat saya  betapa satu kalimat yang ringan itu bisa membuat suasana hati jadi tidak nyaman, berpikir dulu sebelum bertanya…masih banyak pertanyaan lain…karna kita tidak pernah tahu mungkin saja suasana hati mereka sedang tidak baik, karna mereka sedang melalui hari yang berat who knows ? jadi ketika bertemu teman lama atau siapa saja janganlah merusak silaturahmi dengan kata kata yang bisa merubah suasana hati dan suasana silaturahmi jadi tidak nyaman, bukan hanya kalimat “kok tambah gendut” masih banyak lagi seperti pertanyaan, kapan nikah ? kapan punya anak ? kapan beli rumah sendiri ? kapan punya mobil ? hmm… guys kalau ada yang tanya seperti itu jawab aja KEPOOO sambil tertawa renyah … pasti yang nanya langsung jleb ! hahaha… patut dicoba juga yah.

Tapi hidup  tidak seserius itu … Alhamdulillah saya dianugerahi selera humor yang cukup tinggi… pernah merasa tidak percaya diri memang, bagaimana tidak semenjak melahirkan anak kedua berat saya naik hampir 15kg gimana orang lain ga kaget bahkan saya sendiri surprise dengan angka itu (baca shock) saya mencoba untuk pasrah karna sudah capek diet dan sangat ga suka diet… sekarang hanya mencoba untuk hidup sehat…kalau bisa kurus yaah anggap saja itu bonus hehehe…

Dan Alhamdulillah sekarang sudah bisa nyaman nyaman saja dengan pertanyaan Kok gendut sekarang ? saya sudah bisa jawab dengan santai… iya nih lagi happy …ayang beib ngajak makan terus… sambil lempar senyum yang paling manis trus langsung cari kamar mandi buat jambak jambak jilbab (baca melampiaskan emosi), atau saya jawab saja “ iya nih sudah permanen kayaknya “ sambil tertawa. Pernah juga saya langsung jawab “Hi… saya Lemak “ sambil bergaya sok imut dgn menempelkan dua jari ke pipi. 

Ternyata kalau kita tanggapi semua pertanyaan pertanyaan seperti diatas (baca menyudutkan ) dengan lapang dada dan tidak terlalu serius malah suasana jadi lebih asyik… pernah saya bertemu dengan seorang teman yang sudah lama tidak bertemu…tapi sizenya tidak berubah bahkan anaknya sudah tiga, sebelum dia mengajukan pertanyaan saya langsung interupsi… mbaaa kok tambah langsing ajaa… iya mba syukurlah padahal makanku banyak loh jawabnya, trus saya langsung curcol dikit, saya loh mba minum air putih saja kok kayaknya jadi daging, dia jawab dengan santai …mba hen minum air putih jadi daging, temenku ada loh Cuma like postingan masakan di FB langsung naik berat badannya…hahaha… bentar mba aku mau ketawa sambil guling guling dulu, dan sejak saat itu saya tidak pernah nge-like lagi postingan masakan enak di FB, lho ??

Segala sesuatu itu jika ditanggapi dengan positif maka hasilnya akan positif juga, yang penting bagaimana kita bisa dengan bijak bertanya dan menjawab, jangan asal ceplos ga ada saringan…memang terkadang mulut lebih cepat bekerja dibanding otak, mulut ngomong apa... beberapa detik kemudian otak baru mengirim sinyal, dan kita baru sadar dan menyesal …ups ada Aquwa ?!

Menjaga perasaan orang lain sama pentingnya dengan menjaga silaturahmi, atau sama pentingnya menjada keseimbangan antara lemak hewan dan lemak nabati… karna tubuh kita membutuhkan lemak untuk membakar kalori dan penstabil suhu tubuh.

Nah… kalau lemak yang satu ini jarang ada yg bisa menolaknya… dia adalah olahan nasi yang dimasak dengan bumbu bumbu dan menggunakan santan… yup orang melayu bilang ini nasi Lemak, di Palembang disebut nasi gemuk, di Jakarta orang bilang Nasi Uduk, di Aceh katanya disebut nasi Gurih… kaya yah Bahasa Indonesia, setiap daerah mungkin namanya berbeda beda, di daerah mu apa namaya ?

Nasi Lemak, mungkin sudah lama saya mengenalnya, dan akhir akhir ini sering sekali saya membuatnya, maklum selain kerja kantoran saya membuat usaha kuliner kecil kecilan didepan rumah, namanya Waroong Comel. Memasak adalah hoby saya dari kecil, saya mulai biasa memasak ketika jaman kuliah dan tinggal di kos kosan, untuk menghemat saya sering masak bersama teman teman saya, dan sampai saat ini saya masih akrab dengan peralatan dapur dan bumbu bumbu, bagi saya memasak mendatangkan kebahagian tersendiri bukan hanya sekedar seni  mencampur bumbu tapi lebih ke kepuasan batin…hehehe lebay yah…hoby saya ini cukup menghasilkan, dan mengutip kata kata kang Ridwan Kamil “Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia adalah Hobby yang dibayar” sudah kita senang melakukannya…dibayar pula… asyik kan ?

Nasi Lemak ini setelah matang dibungkus dengan daun pisang, diberi isian ayam suwir yg sudah dimasak, diberi lagi sambal kentang balado, lalu ditambahkan ikan teri medan dan daun kemangi, setelah dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar… kebayang ga harumnya daun pisang ditambah harumnya nasi lemak bercampur dengan harum daun kemangi menjadi satu didalam satu bungkus Nasi Bakar… yaah betul namanya Nasi Bakar dimakan selagi hangat lebih nikmat, dapat inspirasi masakan ini dari sebuah grup masak memasak yg baru berapa bulan diperkenalkan teman dekat saya, Alhamdulillah selama bergabung di grup ini banyak sekali ilmu kuliner yang saya dapat. Inilah salah satu alasan pentingnya menjaga silaturahmi…salah satunya karna bisa mendatangkan rejeki.

Lemak juga terkadang harus disyukuri karna jauh disudut sana atau beberapa meter dari rumah kita, ada yg berharap ingin bisa berlemak, ingin sedikit berisi badannya, inilah hidup selalu ada dua sisi, ada yg mati matian ingin kurus, ada yg ingin sekali sedikit gendut, mungkin salah satunya kamu yang sedang membaca tulisan ini, apapun bentukmu kuruskah, gendutkah…  tetaplah bersyukur dan jangan lupa untuk bahagia, karna bahagia bukan hanya untuk mereka yg bertubuh ideal… bahagia  untuk yang gendut, untuk yg kurus, untuk yg sedang sakit, untukmu yg sedah bersedih…dan Bahagia untuk kita semua, and I choose to be Happy !!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIDADARI ke-ASINAN